MUSEUM HISTORY OF JAVA

BELAJAR SEJARAH DI PULAU JAWA YANG UNIK DAN MENYENANGKAN

Pulau jawa sebagai pusat perekonomian Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak diantara pulau lainnya. Sebelum berkembang seperti saat ini, pulau jawa memiliki segudang sejarah yang perlu kita ketahui. Di Yogyakarta terdapat museum yang mempresentasikan kembali semua sejarah yang ada di pulau jawa yaitu Museum History of Java. Museum ini menampilkan sejarah terbentuknya Pulau Jawa sejak zaman purba 2,5 Juta tahun yang lalu, mulai dari masa peradaban Deutro Melayu dari Dongson, hingga kerajaan yang jaya di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Hadirnya Museum History of Java karena ingin mempresentasikan kembali semua sejarah yang ada di pulau jawa. Namun Museum inimenampilkannya dengan kemasan yang lebih menyenangkan, seperti adanya sarana IT berupa Aplikasi Augmented Reality yang memiliki Fitur penjelasan sejarah yang menarik. Dibuka pada tanggal 5 Desember 2018 dengan bentuk gedung seperti Piramid yang memiliki konsepmelambangkan Tumpengang menjadi Uba Rampe masyarakat Jawa.

Masuk kedalam Museum kita akan melewati Ruang Teater. Dalam Ruang Teater ini kita akan melihat film mengenai sejarah terbentuknya pulau Jawa sekitar 2,5 Juta tahun yang lalu akibat benturan lempeng bumi. Film ini menjadi permulaan dari seluruh penjelasan yang ada di Museum ini. Berikutnya terdapat Ruang Koleksi yang terdiri dari Lorong Austronesia yang menampilkan koleksi benda- benda peninggalan peradaban Dongson yang terbuat dari bahan logam. Selain itu terdapat Arca perunggu masa peradaban Hindu-Buddha pada abad pertama Masehi berupa Figur Dewa Wisnu. Pada Lorong Majapahit yang berisi koleksi kerajaan Hindu-Buddha di tanah jawa. Lorong Masa Syiar dan Kerajaan Islam tentang islam di tanah Jawa yang di syiarkan oleh Wali Sanga. Juga Lorong Galeri seni yang menampilkan kebudayaan sejak zaman Hindu-Buddha. Ditambah lagi Paviliun Kraton yang menampilkan koleksi dari Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran, hingga Kadipaten Pakualaman.

Jika ingin mengabadikan momen saat berada di Museum, kita bisa berfoto ria di kampung Selfie Mataraman dengan 6 Set Photo Booth zaman Djadoel di tahun 1800an. Museum History of Java ini berlokasi di Jalan Parangtritis KM 5,5, Bantul. Museum buka setiap hari dengan Jam Operasional dari pukul 09:00 WIB-19:00 WIB.

Pin It

Comments are closed.