PUSARA SAMSARA

MEREFLEKSIKAN KEHIDUPAN DALAM SEBUAH SENI

Refleksi atas pemaknaan hidup tentang apa yang ditempuh dengan suatau yang diciptakan dalam bentuk karya seni. Tindakan yang yang dibalas dengan tidakan akan menyebabkan perputaran roda yang terus berputar. Samsara mempunyai arti roda dari rangkaian kehidupan yang terus berputar. Sebuah kendali diri yang dimaksudkan yaitu bentuk kendali atas diri kita sendiri tentang bagaimana membuat atau menciptakan sebuah karya seni sebagai perpanjangan hidup.

Di dunia ini segala sesuatunya sudah diatur oleh Sang Pencipta, dan teidaklah kekal. Semua hal di dalam kehidupan setiap waktunya akan mengalami perubahan, kesadaran visual, tatapan mata, apapun yang dirasakan, baik menyenangkan ataupun tidak.

Konsep ini berusaha mengembalikan ketidak kekalan diri atas dunia, walaupun semuanya akan berakhir dengan sama, yaitu musnah. Setiap makhluk hidup akan selalu meninggalkan jejak. Pusara Samsara tercipta atas kesadaran akan adanya suatu kemungkinan yang dianggap penting, dirasakan berharga, dan diyakini sebagai sesuatu yang dapat dijadikan sebagai tujuan dan hasil.

Pin It

Comments are closed.