Friday, September 24Our guide, your story - Yogyakarta
Shadow

Pameran Abhinaya Karya, Kembara Gembira: Ayo Dolan! Ayo Cerita!

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah, gembira saat bermain, bertemu teman baru, dunia yang penuh warna, bergerak sesuka hati, belajar, menjelajah, serta ingin tahu banyak hal. Masa kecil anak zaman sekarang dengan zaman dulu tentu memiliki banyak perbedaan, seperti apa saja yang mereka mainkan, berbeda kebiasaan, ketertarikan yang berbeda. Dahulu anak-anak sangan senang ketika bermain dengan alam juga memainkan permainan tradisional. Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin pesat sehingga permainan anak berada dalam genggaman gawai, anak sudah mendapatkan seluruh hiburan yang mereka butuhkan.

Museum Sonobudoyo kembali menggelar pameran, kali ini tema yang dipilih adalah kehidupan anak-anak. Bukan tanpa alasan, pilihan tema ini berdasarkan ide museum untuk membangun suasana museum ramah anak dan museum bersahabat di semua kalangan. Dengan tajuk “Kembara Gembira: Ayo Dolan! Ayo Cerita!”, Sonobudoyo mengajak para pengunjung untuk berpetualang menyelami kembali dunia anak-anak yang menyenangkan, penuh warna, namun juga sarat akan nilai dan budi pekerti.

Dalam pameran ini mengajak pengunjung untuk bermain sambil belajar namun tetap menaruh persoalan budaya sebagai bagian dari identitas. Beberapa hal berkaitan dengan tradisi dan konteks social budaya turut mengisi sudut-sudut ruang pamer, seperti upacara tradisi anak-anak dalam konsep daur hidup. Di sisi lain, permainan tradisional seperti dakon, kitiran, klonthongan, ataupun kapal othok-othok dapat disaksikan dalam ruang pamer. Permainan ini dihadirkan sebagai bagian dari kearifan lokal yang berpotensi mengedukasi pengunjung.

Kembara Gembira: Ayo Dolan! Ayo Cerita! Ingin memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung. Pengunjung akan dibawa menyusuri labirin untuk menikmati koleksi-koleksi yang ditampilkan. Disinilah pengunjung akan mengenang dan merasakan kembali kegembiraan seperti yang pernah mereka rasakan di masa kecil. Pada akhirnya, pameran ini menjadi ruang nostalgia untuk menyelami kembali dunia anak-anak yang penuh suka cita dan kegembiraan, serta sebagai sarana untuk mengenal berbagai jenis permainan tradisional bagi generasi masa kini.

Pameran Abhinaya Karya ini dilaksanakan di gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo, yang akan berlangsung dari tanggal 02-30 Juni 2021, mulai pukul 09.00-21.00 WIB.