Tuesday, August 3Our guide, your story - Yogyakarta
Shadow

FESTIVAL KEBUDAYAAN YOGYAKARTA 2019, PESTA KEBUDAYAAN RAKYAT YOGYAKARTA

fky

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) kembali digelar. FKY menjadi event yang paling ditunggu masyarakat Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Dari tahun ke tahun, FKY selalu menyajikan seni dan kebudayaan Yogyakarta dengan sangat meriah juga beragam. Beberapa rangkaian yang ditunggu oleh masyarakat di setiap FKY berlangsung yaitu pawai pembukaan yang diadakan di Jalan Malioboro, Yogyakarta, jajanan dan suvenir unik, juga pertunjukan yang beragam. Festival ini sudah menjadi agenda rutin dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2019 ini, Festival Kebudayaan Yogyakarta untuk kesekian kalinya kembali digelar. Tidak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya, FKY 2019 menyajikan berbagai rangkaian acara menarik yang tersebar di seluruh bagian Kota Yogyakarta.

Kali ini Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 mengangkat tema Mulanira: Ruang, Ragam, Interaksi yang diselenggarakan pada tanggal 4-21 Juli 2019. Festival ini berpusat di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul namun memiliki banyak rangkaian acara dengan tempat yang berbeda di sekitar Kota Yogyakarta. Pembukaan FKY 2019 akan diawali dengan Pawai yang diikuti oleh sekitar 33 kontingen dari elemen penting penajuan kebudayaan di Yogyakarta.

Acara menarik lainnya seperti Pesta Rakyat Kampung Terban sebagai desa yang berpotensi kebudayaan yang kuat dan telah menerima SK Gubernur DIY sebagai Desa Budaya. Pementasan seni ketoprak Tuna Netra “Distra Budaya”, Macapatan, dan Pementasan Keroncong dari warga Kelurahan Terban. Juga ada program Wirama, Wiraga, Wirasa yang berasal dari metode pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara yang berarti keteraturan, keindahan, dan kelembutan.

Selain itu, FKY 2019 juga menawarkan berbagai kegiatan dan aktivitas yang menarik lainnya. Seperti Pasar Seni yang terdiri dari 50 stan setiap hari, ditambah dengan Pasar Tiban dengan 20 stan produk kreatif dan 10 stan produk kuliner. Ada pula workshop, lokakarya, diskusi, dan panggung seni dengan pembahasan yang berbeda-beda.