UTAMAKAN PELAYANAN KONSUMEN

muhamad-ghufron

muhamad-ghufron

MUHAMMAD GHUFRON MUSTAQIM

Produk fesyen bisa menyentuh dan dinikmati semua masyarakat menjadi keinginan Muhammad Ghufron Mustaqim. Hal ini ia lakukan untuk memberikan kontribusi pada industri fesyen di Indonesia. Sembilan bulan bergabung di Sale Stock Indonesia membuatnya banyak belajar, terlebih saat lulusan Ilmu Hubungan Internasional UGM Yogyakarta ini ditunjuk sebagai Vice President of Service and People Organization. Bagaimana ia menjalani karirnya selama ini? Berikut ulasannya.

APA YANG MEMBUAT ANDA TERTARIK BERGABUNG DI SALE STOCK INDONESIA?

Visi dari Sale Stock sangat bagus karena ingin mengkombinasikan fesyen dengan teknologi. Implikasinya saya bukan hanya ingin menerapkan bisnis, tapi aspek sosial dengan mengedepankan kualitas dan memberikan akses mudah untuk masyarakat mendapatkan pakaian berkualitas dengan harga terjangkau. Alasan kedua karena yang bergabung di Sale Stock sangat luar biasa bahkan ada beberapa orang yang sebelumnya telah bekerja di perusahaan ternama seperti Apple dan Facebook. Saya bisa mengambil pelajaran dari mereka. Alasan lainnya karena tahun ini ekosistem startup mulai terbangun.

LANGKAH APA YANG DITERAPKAN DALAM KARIR ANDA?

Tanggung jawab tentang servis. Karena saya punya ambisi untuk menjadikan Sale Stock sebagai e-commerce terbaik di Asia Tenggara. Aksi pertamanya adalah melayani konsumen, memastikan mereka telah terlayani dan belajar tentang perilaku konsumen dan memberikan ‘wow experience’.

APA STRATEGI ANDA?

Seperti yang sudah saya sebutkan, fokus pada pelanggan dengan melakukan pelayanan secara bertahap. Kami juga memerekrut orang terbaik. Kemudian memakai aspek analitik dalam tiap keputusan, harus berdasar data dan penelitian, bukan dengan opini atau intuisi saja. Sebenarnya kami ini bukan perusahaan fesyen tapi perusahaan teknologi yang fokus di fesyen sehingga data juga diutamakan.

APA YANG KHAS DARI PERUSAHAAN TEMPAT ANDA BEKERJA DAN BAGAIMANA ANDA MENGELOLA REKAN KERJA ANDA?

Yang khas dari Sale Stock adalah menerapkan harga jujur. Prinsip bukan untuk dapat keuntungan semata tapi juga memberikan manfaat sosial bagi para perempuan di Indonesia. Di Sale Stock tak mengenal adanya atasan atau bawahan, semua posisinya sama hanya tanggung jawabnya yang berbeda. Kami menyediakan tempat kerja senyaman mungkin untuk memunculkan ide baru. Adanya open space memungkinkan adanya kolaborasi antar teman dan kami juga sediakan ruang hiburan untuk menghilangkan kepenatan. Saya pun menerapkan prinsip tak berpuas diri dan menerapkan evaluasi agar makin baik.

APA YANG MEMBUAT ANDA NYAMAN DENGAN KARIR INI?

Sebenarnya bukan nyaman, tapi tertantang. Ada banyak teman pintar yang bisa saya pelajari, karena mereka memilih pemikiran yang terus tumbuh. Kalau saya tak belajar takut tidak nyambung. Apalagi Sale Stock pertumbuhannya paling cepat di Asia Tenggara jadi tingkat kompleksitasnya juga berkembang cepat. Ini memotivasi saya untuk memperbaiki diri mendapat pengetahuan dan ketrampillan baru untuk menjawab kompleksitas itu.

SIAPA ORANG YANG PALING BERJASA DALAM KARIR ANDA?

Lingga Madu (Co-Founder and CEO) dan Stanislaus MC Tandelilin (Co-Founder and COO). Saya banyak belajar dari keduanya. Ketika pertama bergabung rekan-rekan yang saya pimpin kurang dari 30 orang dan sekarang sudah ratusan, mereka menjadi teman curhat dan berbagi pikiran. Dari mereka juga saya menemukan kesenangan bekerja apalagi saya dipertemukan dengan orang-orang inspirasional lainnya.

APA HARAPAN ANDA KEDEPAN?

Konsumen bisa mendapat pelayanan terbaiknya dan rekan-rekan yang saya pimpin ini bisa memenuhi tujuan pengembangan pribadinya secara profesional. Mereka tak hanya berkontribusi bagi tempatnya bekerja tapi juga belajar yang relevan dengan masa depannya.

 

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>