TAMAN WISATA DI KOTA SOLO

Taman, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti sebagai tempat yang menyenangkan dan sebagainya. Sesuai dengan maknanya, taman biasanya digunakan untuk bersantai dan menyegarkan pikiran dari segala kepenatan. Taman memiliki beragam jenis antara lain adalah taman kota, taman rekreasi, taman hiburan, dan taman pendidikan. Seperti yang dimiliki Kota Solo yang menyediakan bermacam fasilitas taman untuk warganya seperti Taman Sriwedari, Taman Balekambang dan Taman Cerdas Solo.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Taman wisata yang berada di Jalan Slamet Riyadi ini merupakan salah satu taman legendaris di Solo. Taman Sriwedari pernah menjadi lokasi penyelenggaraan PON ke-1 pada tahun 1948. Di Taman Sriwedari juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang hampir setiap hari menayangkan pertunjukan dengan lakon yang berbeda. Selain itu juga terdapat THR (Taman Hiburan Rakyat) Sriwedari yang menjadi pilihan hiburan untuk rakyat. Beragam pertunjukan musik hingga arena bermain tersedia di THR Sriwedari, maka tak heran apabila Taman Sriwedari menjadi pusat hiburan, rekreasi dan budaya di kota Solo.

Taman Balekambang

Taman

Sejak tahun 2008 Taman Balekambang dibuka menjadi hutan kota bagi warga Surakarta. Di area ini terdapat berbagai binatang seperti monyet, rusa, dan angsa yang dipelihara dan dirawat dengan baik untuk menjadi teman di taman bagi masyarakat. Berbagai pohon berusia ratusan tahun juga membuat tempat ini menjadi sangat nyaman dan sejuk. Juga terdapat kolam dengan ukuran yang cukup besar sebagai area untuk bermain perahu kayuh. Selain sebagai area rekreasi hijau bagi warga, Taman Balekambang juga sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar acara budaya, salah satunya yakni Festival Payung.

Taman Cerdas Solo

Taman Cerdas SoloJika Yogyakarta memiliki Taman Pintar, Solo memiliki Taman Cerdas yang menjadi salah satu wisata edukasi bagi warga. Taman yang berada di wilayah Jebres, Solo ini berada di belakang Universitas Sebelas Maret Solo dan di samping Technopark Solo. Taman Cerdas ini memiliki berbagai fasilitas seperti perpustakaan, komputer, dan akses wi-fi. Di sebelah timur gedung perpustakaan, terdapat sebuah arena teater terbuka dengan tempat duduk semi melingkar dan dibuat berundak. Terdapat juga 2 taman lain bernama Taman Purba yang ditandai dengan patung manusia purba dan Taman Dinosaurus dengan patung salah satu spesies Dinosaurus yang memiliki tinggi mencapai 4 meter.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>