SATE PENTUL

Keragaman kuliner Indonesia merupakan warisan budaya dari tiap daerah yang harus dilestarikan. Banyak menu makanan yang dulu merupakan makanan khas dari Keraton Surakarta ataupun Keraton Mangkunegaran. Salah satu yang identik dari kota Solo adalah Sate Pentul.

 

Sate Pentul termasuk salah satu makanan kesukaan dari Sinuhun Paku Buwono X. Pada masanya dahulu, Sate Pentul  disajikan dengan nasi putih dan terkadang ditanak sendiri oleh Sinuhun dalam upacara Adang dengan menggunakan tempat untuk menanak nasi yang disebut Kyai Duda.  Upacara tersebut dilakukan 8 tahun sekali yaitu pada bulan Dal, yang merupakan bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

 

Bahan dasar dari sate pentul adalah daging sapi giling disertai bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, kemiri dan lada putih. Kemudian adonan mentah tersebut dibalutkan kepada batang serai yang sudah dibersihkan, dipanggang kurang lebih selama 5 menit. Sate pentul disajikan dengan bumbu saus kacang dan sambal kecap yang pastinya harus anda cicipi ketika anda melakukan perjalanan wisata maupun bisnis ke kota Solo.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *