Rumah Dongeng Jogja

wisata-rumah-hobbit-bantul-jogja-1024x702

Mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh beberapa orang tua sebagai kegiatan untuk mengantarkan tidur bagi anak-anaknya. Namun, kini, mendongeng tidak hanya dilakukan sebagai pengantar tidur saja melainkan dapat sebagai media untuk mengedukasi tentang pengetahuan dan isi dari dongeng tersebut, bahkan juga dapat melatih diri untuk berani berbicara di depan umum. Rumah Dongeng Mentari merupakan salah satu komunitas di Yogyakarta yang menjadi wadah bagi masyarakat yang gemar mendongeng atau bercerita.

Komunitas yang telah berdiri sejak tahun Agustus 2010 ini diprakarsai oleh tiga bersaudara yakni Putri Arum Sari, Ayu Purbasari, dan Rona Mentari. Berawal dari keresahan terhadap anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar lingkungannya yang beberapa diantaranya mengalami putus sekolah dan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat, Rona mentari, profesional story teller dan dibantu kedua saudaranya berinisiatif untuk membuat sebuah wadah bagi anak-anak tersebut supaya mendapatkan pergaulan yang sesuai dengan porsinya dan menambah kegiatan yang bermanfaat melalui kelas mendongeng.

Sesuai dengan namanya, Rumah Dongeng Mentari ingin menjadi sebuah wadah bagi para pendongeng agar budaya mendongeng tetap terus ada seperti sinar mentari yang tidak pernah padam. Visi dari komunitas ini adalah untuk mewujudkan generasi anak yang berkarakter melalui dongeng karena dongeng merangsang anak untuk berpikir, berimajinasi, keratif, senang membaca, dan percaya diri. Kegiatan yang rutin diadakan setiap bulan dari komunitas ini adalah Jogja Story Telling Circle. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh kawula muda yang ingin merasakan dan belajar mendongeng. Komunitas ini berharap kedepannya dapat memilki sebuah ruangan auditorium dan dapat menjadi salah satu destinasi bagi yang berkunjung ke Yogyakarta.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *