RIWAYAT PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG

Sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah, Kota Semarang identik dengan kesibukan pusat pemerintahan dan cepatnya laju pertumbuhan bisnis di Jawa Tengah. Namun mungkin banyak yang melewatkan, bahkan melupakan kota Semarang merupakan pusat lalu lintas pelabuhan penting dipantai utara pulau jawa ini. 

semarSedikit menilik ke belakang pelabuhan merupakan salah satu ujung tombak yang menjadikan kota ini berkembang dan menjadi salah satu kota terpenting di Pulau Jawa. Catatan sejarah yang dibuat oleh seorang Portugis bernama Tome Pires di sekitar tahun 1513 juga memberikan sedikit dari sekian banyak fakta yang menegaskan bahwa Kota Semarang menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh kapal – kapal pedagang yang berlabuh pada masa itu.

semar 3Lalu – lalang kapal di Pantai Utara Pulau Jawa terlebih di pelabuhan yang ada di Kota Semarang ini membuat orang Belanda menyebut daerah ini sebagai “Java’s Noord-Oost kust.” Bahkan pendapatan pajak yang diperoleh dari Semarang di tahun 1677 melebihi perolehan beberapa pelabuhan yang ada di sekitarnya, salah satunya yakni pelabuhan Jepara, hingga akhirnya pada
tahun 1708 oleh penguasa Belanda semua pejabat – pejabat penting dan segala catatan yang berkaitan dengan perdagangan dipindahkan ke pelabuhan Semarang.

semar 4Pada masa yang lalu, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terletak di sekitaran Jembatan Berok, Kota Lama, dikenal sebagai daerah Groote Boom. Peninggalannya masih dapat dijumpai hingga kini, seperti reruntuhan Menara Syahbandar dan menara bekas mercusuar yang sekarang menjadi Menara Masjid Layur. Kanal dibuka pada tahun 1880 dan akhirnya lahirlah Pelabuhan Tanjung Emas yang ditandai dengan kegagahan bangunan mercusuar berbentuk Tugu Setangkup. Menuju ke atas bangunan terdapat tangga memutar dengan sembilan buah bodes. Orientasi  bangunan ini menghadap ke arah Laut Jawa. Fondasi dari pelabuhan ini menggunakan batu dan struktur dengan bata, dinding yang dilapisi dengan lempeng logam yang tahan karat. Atap berbentuk kubah kecil terbuat dari logam yang menaungi ruangan lampu mercusuar. Bangunan ini terletak di tepi perairan tepatnya pada lekukan Laut Jawa sejak tahun 1884.

semar 2Tak hanya dalam masa penjajahan, dahulu kala, beberapa Kerajaan yang kaya dengan hasil bumi di Selatan Semarang, seperti Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Praja Pakualaman menyalurkan hasil pertaniannya ke kota Semarang untuk melakukan aktivitas perniagaan. Setelah dibukanya Terusan Suez pada medio abad ke 19, arus perniagaan di Semarang semakin ramai yang kemudian dibangun jaringan kereta api pertama di Indonesia.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *