RAGAM KEDAI KOPI DI AREA JOGLOSEMAR

Beragam kedai kopi kini banyak hadir di berbagai kota, mulai dari kedai yang khusus menyajikan teknik manual brew hingga yang berbasis mesin espresso. Seiring dengan  menjamurnya budaya ngopi di masyarakat, turut mendongkrak kehadiran kedai kopi di area Yogyakarta, Solo, Semarang dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing.

Klinik Kopi
Klinik KopiSiapa yang tidak mengenal kedai kopi satu ini setelah penayangan film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra di bioskop tahun lalu? Kedai Kopi ini telah hadir mewarnai dunia kopi Yogyakarta sejak tahun 2013. Klinik Kopi menawarkan beragam biji kopi jenis Arabika dari Nusantara seperti Takengon, Bajawa, Baliem, Kintamani, Ciwidey, Sunda, Batak Tolu, Solok, Java Tobacco, Papua, dan lainnya yang disuguhkan dengan cara Manual Brew  menggunakan alat Pour Over V60 dan Kalita. Misinya sederhana, supaya para penikmat kopi mengetahui tentang bagaimana minum kopi secara benar dan mengedukasi peminumnya melalui beragam cerita kopi yang dibagi oleh sang pemilik. Dan satu lagi, di sini pengunjung disarankan untuk tidak memberikan gula dalam kopinya.

Epic Coffee

Epic Coffee

Kedai Kopi Epic Coffee ini menyuguhkan beragam pilihan biji kopi Nusantara dan Luar Negeri. Dengan proses roasting yang dilakukan sendiri di Epic Coffee dengan menggunakan mesin roasting dari Jerman. Dari proses roasting ini menghasilkan beragam biji kopi Arabika dan Robusta seperti Gayo, Flores, Bali Wanagiri, hingga Ethiopia, Panama, Tanzania, dan Kenya yang siap dinikmati. Terdapat dua proses roasting, Manual Brew dan Espresso, dalam roasting manual brew hasilnya lebih menonjolkan rasa, aroma, dan karakter kopi.  Sedangkan dalam roasting espresso berdasarkan rasa yang ingin diciptakan oleh kedai kopi Epic Coffee. Berdiri sejak tahun 2013, Epic Coffee merupakan perpaduan kedai kopi dengan gaya vintage industrialis dan show room furnitur yang memiliki nuansa asri dan hijau.

SUA Coffee

SUA CoffeeSUA Coffee 2

Diambil dari kata bersua atau berjumpa, SUA Coffee memiliki tujuan sebagai tempat untuk bertemu dengan banyak orang sembari menikmati kopi. Di kedai kopi yang buka sejak Februari 2016 lalu ini, menawarkan aneka sajian kopi, mulai dari Espresso hingga Single Origin. Untuk yang menyukai kopi berbasis espresso, anda dapat mencicipi kopi americano dari racikan house blend Robusta dan Arabika ala Sua Coffee yang memiliki karakter rasa coklat. Selain itu, bagi yang menyukai jenis kopi Single Origin, Sua Coffee juga menyediakan berbagai biji kopi antara lain Gayo, Sunda, Merapi, Bali, Flores, Toraja, hingga Papua dengan metode V60, Aeropress, dan Vietnam Dripp. Uniknya, tiap sajian minuman di SUA Coffe ditemani oleh bakpia atau makanan khas dari Yogyakarta sebagai snack pendamping.

Simetri Coffee Roasters

Simetri Coffee Roasters 2Simetri Coffee Roasters
Kedai kopi franchise dari Jakarta ini kini hadir di Yogyakarta. Bertempat di bangunan kolonia kawasan heritage, Kotabaru Yogyakarta, Simetri Coffee Roasters menawarkan beragam sajian kopi untuk para penikmat kopi Yogyakarta. Bagi yang menyukai kopi berbasis mesin Espresso, seperti cappuccino dan latte, anda wajib menjajal kedai kopi ini sebagai salah satu referensi baru anda. Kedai kopi yang buka pada Februari 2017 lalu ini menyuguhkan house blend khas Simetri Coffee Roasters, Nymeria yang memiliki karakter coklat,  manis, dan fruity. Selain itu, anda juga dapat  mencicipi menu istimewa lainnya yakni cold brew nitrogen yang merupakan campuran cold brew dan nitrogen. Di Simetri Coffee Roasters juga terdapat ruang cupping atau tempat untuk menguji kualitas kopi. Di ruangan ini para pengunjung juga dapat bergabung dalam proses pengujian secara cuma-cuma.

The Blue Lotus Coffee House Semarang

Ngopi Serius SoloBagi anda yang berdomisili di Semarang dan menggemari kopi, anda dapat mencoba racikan  kopi dari The Blue Lotus Coffee House yang  berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Semarang ini. Berbagai macam proses pembuatan kopi dapat anda pilih sendiri di sini, baik dari mesin espresso atau manual. Sepuluh macam proses pembuatan itu sendiri diantaranya Plunger, Espresso, Paperdrip, Tubruk, Percolator, Turkish, Aeropress, Sypon, Coldbrew, serta Napolitana yang merupakan salah satu koleksi coffee toys dari Italia yang jarang ditemukan, yakni perpaduan french-press dengan moka pot. Berbagai jenis kopi juga cukup banyak mulai dari pilihan Nusantara hingga luar tersedia di coffee house yang beroperasi mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB ini. Bagi anda yang penasaran dengan Kopi Luwak, The Blue Lotus Coffee House juga memiliki Kopi Luwak yang 100 persen di roasting dengan segar.

Ngopi Serius Solo

The Blue Lotus Coffee 2Buka sejak Juni 2014, Ngopi Serius merupakan kedai kopi pertama di Solo yang menyajikan kekayaan rasa kopi Nusantara. Dengan konsep ruangan klasik Jawa yang nyaman, anda akan merasakan suasana yang berbeda di Ngopi Serius. Dengan interior yang dibuat dari barang daur ulang, di kedai kopi ini menyuguhkan suasana yang menguatkan cita rasa khas Indonesia. Di kedai kopi ini menyediakan 40 rasa kopi Nusantara yang dapat anda nikmati dengan ciri khasnya masing-masing. Diolah oleh dengan teknik Manual Brew, anda akan merasakan cita rasa kopi yang memiliki karakter Nusantara yang kuat. Di Ngopi Serius tersedia 2 jenis kopi, Robusta dan Arabika yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Robusta Sidikalang, Robusta Bali Buleleng, Arabika Sunda Malabar, hingga  Arabika Ngopi Serius Blend yang menjadi menu andalan.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *