Putri Melati Kusumaningrum, Sukses Sejak Dini Karena Hobby

Putri Melati Kusumaningrum atau yang biasa dipanggil Putri, lahir pada tanggal 26 Mei 1995 ini sukses menjadi pengusaha di bidang kerajinan kreatif. Di usianya yang masih muda, Putri telah berhasil mengembangkan usaha souvenir yang terbuat dari Clay. Wanita yang sedang mengambil kuliah S1 jurusan Manajemen ini telah menjalankan usahanya selama 8 tahun.

Sejak kapan anda memulai bisnis kreatif ini?

Saya membuat Clay sudah sejak tahun 2011, sejak saya masih di bangku SMP. Saya berjualan sudah sejak SD, tapi jualannya ganti-ganti. Mulai jajanan kue kering hingga accessories seperti gelang dan kalung. Lalu mengenal clay dari baca buku kerajinan tangan dan mulai di praktekan. Awalnya untuk dipakai sendiri, ternyata teman-teman suka dengan hasilnya. Jadi sekalian dijual, saya coba sebar melalui media sosial ternyata responnya cukup bagus. Saat itu saya senang sekali, jadi bisnis saya berlangsung sampai sekarang.

Bagaimana mengumpulkan modal awal dalam usaha ini?

Clay itu tidak memakai modal yang banyak, hanya tepung dan lem. Sisanya kreativitas kita. Dari awal saya berjualan gantungan kunci, jadi saya hanya beli gantungannya saja. Sementara tepung di belikan ibu atau ambil dari dapur. Jadi awalnya saya belum beli, masih menggunakan bahan-bahan yang ada. Kemudian hasil dari berjualan yang pertama baru saya pakai untuk dijadikan modal.

Apa saja susah dan senangnya menjadi pengusaha?

Kebetulan saya selalu punya rencana cadangan. Dulu saya juga pernah jatuh, tidak punya uang untuk bayar karyawan sementara usaha saya sedang tidak ada yang pesan. Di saat itu saya harus putar otak untuk mencari cara agar usaha saya tetap bertahan. Namun saya punya prinsip ketika saya jatuh, saya harus berani mencoba hal baru. Tapi kalau kita takut dengan hal baru, selamanya akan terus jatuh. Kalau saya lebih baik jatuh karena mencoba dari pada jatuh karena diam saja.

Apa pesan dan sarannya untuk pembaca yang ingin memulai bisnis seperti anda?

Kita harus pintar mencari peluang. Kita bisa mencari melalui internet, karena di dunia ini banyak sekali yang bisa kita jadikan bisnis. Tapi kalau kita diam saja tidak akan tahu peluangnya. Lihat juga kompetitornya dan alur penjualannya. Kedua eksekusi, karena jika kita tidak eksekusi usaha itu tidak akan jalan. Lalu jalani dengan konsisten.

Pin It

Comments are closed.