PEDULI PELESTARIAN PENYU

reISPIRASIPantai Samas yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, selain menawarkan keindahan pantainya, juga memiliki potensi alam yang luar biasa, salah satunya adalah tempat atau lahan para penyu mendarat dan bertelur. Keberadaan penyu menggerakkan salah seorang penduduk setempat, bernama Bapak Rudjito yang akhirnya membentuk konservasi penyu pada tahun 2002. Kegigihan Bapak Rudjito terhadap pelestarian penyu menginspirasi sekelompok pemuda yang kemudian ikut membentuk komunitas reISPIRASI dengan pendiri Deny Widyanto pada tahun 2014.

reISPIRASI 2Dalam melakukan pelestarian penyu, komunitas ini didukung dan didampingi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Komunitas yang biasanya berkumpul setiap hari Minggu di kediaman Bapak Rudjito, Pantai Samas ini memiliki tujuan salah satunya untuk membangun kesadaran terhadap pelestarian penyu. Namun di komunitas ini, kegiatannya tidak melulu pada pelestarian penyu melainkan persoalan yang lebih luas, yakni ekowisata. Seperti kegiatan penanaman mangrove, pohon cemara, memberi makan penyu yang berada di kolam penangkaran penyu Pantai Samas, dan interaksi dengan masyarakat.

reISPIRASI 3Di area ini, anda dapat menyaksikan beberapa spot yang telah diberi tanda untuk para spesies penyu yang pernah mendarat di pantai, antara lain Chelonia Mydas (penyu hijau), Lepidochelys Olivacea (penyu abu), Eretmochelys Imbricata (penyu sisik) dan Dermochelys Coriacea (penyu belimbing). Untuk rencana selanjutnya, komunitas reISPIRASI tengah menggodog sebuah ruang untuk diskusi bernama Omah Senthong Tengah Samas. Tempat ini akan digunakan untuk bertukar pikiran dan pengalaman untuk membangun Pantai Samas bersama. Diharapkan
tempat ini akan menyediakan fasilitas perpustakaan, ruang diskusi, pelatihan, penelitian dan rumah singgah bagi masyarakat yang peduli terhadap konservasi sumber daya di pesisir Pantai Samas.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *