MANTAP MEMILIH JALUR INDEPENDEN

KUNTO AJI

kunto ajiMulai dikenal masyarakat melalui sebuah ajang pencarian bakat, musisi Kunto Aji mantap memilih jalur independen dalam berkarya. Pria kelahiran tahun 1987 ini bersama hashtag atau tagar #MudaBergerak, ingin mengajak generasi muda untuk selalu bergerak, tidak mengeluh, dan mencari solusi. Melalui album GenerationY yang baru diluncurkan pada akhir tahun kemarin, menjadi pembuktian bagi Kunto Aji sebagai generasi muda yang mampu menciptakan karya melalui hasil jerih payah sendiri.

Mengapa memilih jalur independen dalam berkarya?

Ada beberapa hal mengapa saya memilih jalur independen. Ini sebenarnya hasil dari proses yang berjalan. Awalnya saya berasal dari jalur pencarian bakat, tidak tahu sama sekali tentang industrinya, tidak mengenal siapapun di Jakarta. Jadi saya harus mulai belajar membangun networking. Saya mendapat ilmu tentang banyak hal, menyerap semuanya hingga akhirnya mendapat ilmu tentang distribusi, produksi, networking dan segala macem yang akhirnya membuat saya secara pribadi merasa siap untuk berjalan secara independen.

CD Box Set Kunto Aji ini hasil kolaborasi bersama Farid Stevy Asta, seorang seniman dari Jogja. Bagaimana ceritanya anda bisa berkolaborasi bersama Farid Stevy Asta?

Sudah tahu dan nge-fans cukup lama dengan Mas Farid dan ingin bikin tema yang sesuai dengan album GenerationY, dari situ kepikiran untuk kerja sama bareng Mas Farid. Awalnya ‘ngobrol’ dan brainstorming tentang ini, ternyata banyak hal yang nyambung, akhirnya kita memutuskan untuk kerja sama. Mas Farid membantu saya mengkomunikasikan isi album saya secara visual.

Apa yang menginspirasi channel-channel media sosial milik anda yang memiliki konten seru dan menarik ini?

Terinspirasi dari banyak membaca buku-buku advertising dan marketing yang saya baca. Saat ini saya sedang mempelajari bagaimana mengkomunikasikan sesuatu secara visual. Saya suka mempelajari sesuatu yang baru lalu saya aplikasikan secara sederhana di media sosial.

Tentang tagar #MudaBergerak, sebenarnya pesan apa yang ingin disampaikan dari tagar ini?

Dari tagar ini sebenarnya ingin menyampaikan tentang industri musik yang katanya sedang mati, lemah dan sebagainya. Menurut saya industri musik saat ini sedang bagus-bagusnya, karena yang survive sekarang adalah orang yang benar-benar concern pada karya. Saya mewakili dari generasi muda, membuat hashtag #MudaBergerak ini maksudnya adalah ayo kita cari solusi, jangan mengeluh. Kita cari solusinya gimana, mungkin saat ini CD sudah tidak dijual seperti dulu lagi, alat pemutarnya juga susah dicari, jadi sekarang kita menggunakan CD sebagai merchandise. Melalui #MudaBergerak ini sebagai bentuk pergerakan untuk selalu mencari solusi dan jangan mengeluh.

Apa yang menginspirasi keunikan dari CD GenerationY yang berisi selain CD musik juga terdapat item lainnya seperti gantungan kacamata, kaos kaki dan slayer?

Supaya pendengar memiliki keterlibatan dengan CD tersebut dan merasa memiliki. Sesuai dengan #MudaBergerak, generasi self-made, generasi yang membentuk karir mereka sendiri. Stiker itu bisa digunakan untuk mereka untuk membuat cover sesuai yang mereka inginkan. Itu adalah bentuk #MudaBergerak. Item-item seperti gantungan kacamata, kaos kaki dan slayer dalam box set, ketiganya merupakan representasi pergerakan.

Apa proyek anda selanjutnya dalam waktu dekat?

Masih berkaitan dengan album dan cara distribusinya, jadi tunggu aja, hehehe.

Tips sukses untuk anak muda?

Buat anak muda, jangan banyak mengeluh, sekali-kali gakpapa. Bergerak cari solusi, sekarang informasi sangat banyak, jadi kalian jangan males.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *