MAKANAN KHAS PERAYAAN IMLEK

Tahun Baru Cina atau yang disebut Imlek merupakan tradisi bagi para  etnis Tionghoa di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Dalam setiap perayaan terdapat berbagai kuliner khas wajib Imlek yang sangat lezat. Tidak hanya saat Imlek, anda juga dapat menyantap kuliner khas ini setiap saat.

MAKANAN KHAS PERAYAAN IMLEK 1

Siu Mie merupakan makanan yang wajib ada saat malam Tahun Baru Imlek. Siu Mie memiliki bentuk yang panjang dengan tekstur kenyal serta rasa yang gurih. Siu Mie ini sebagai simbol panjang umur, kebahagiaan, dan rezeki yang melimpah. Salah satu tradisi saat memakan Siu Mie ini adalah harus memakan secara utuh sampai ujung terakhir mie.

MAKANAN KHAS PERAYAAN IMLEK 2

Yusheng atau Yee Sang merupakan salad ikan segar yang ditambah irisan sayuran seperti lobak dan wortel. Ikan yang digunakan adalah ikan tuna dan ikan salmon dan diberi saus yusheng yang terbuat dari campuran minyak wijen dengan saus buah prem, gula pasir dan kayu manis. Saat diaduk dengan saus, piring saji dari yusheng ini harus diangkat tinggi karena menurut kepercayaan semakin tinggi yusheng terangkat semakin tinggi pula peruntungan pada tahun yang baru.

MAKANAN KHAS PERAYAAN IMLEK 3

Jeruk Mandarin menjadi salah satu sajian Imlek yang wajib ada dan sebisa mungkin dicari yang masih memiliki daun pada tangkainya. Jeruk Mandarin dengan warnanya yang keemasan ini merupakan simbol kemakmuran dan kekayaan yang terus tumbuh. Selain jeruk mandarin, buah yang kerap hadir saat perayaan Imlek adalah pisang raja. Sedangkan buah yang berduri seperti durian dan salak dihindari saat imlek.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>