KREATIF, EKSPRESI, DAN REKREASI MELALUI SENI RUPA BERSAMA EKO NUGROHO ART CLASS

Terletak di wilayah selatan Yogyakarta tepatnya di Jalan Bintaran, Eko Nugroho Art Class membuka ruang bagi siapapun yang ingin belajar seni rupa. Di area yang asri dan tenang ini, kelas Eko Nugroho berdiri sejak Maret 2015. Eko Nugroho adalah seniman dari Yogyakarta yang namanya telah dikenal di dunia seni rupa nasional dan internasional. Art Class milik Eko Nugroho ini merupakan lembaga pendidikan non formal yang memiliki tujuan mengembangkan pribadi anak menjadi kreatif, imajinatif, dan ekspresif melalui media seni khususnya seni rupa.

eko nugrahaMelalui tagline “Kreatif, Ekspresi, Rekreasi,” kelas Eko Nugroho menawarkan seni sebagai ruang kreatif, “jadi semua siswa atau anak-anak dibebaskan untuk mengeksplorasi keinginan, sedangkan guru hanya sekedar mengarahkan, goresan dan lainnya itu terserah keinginan para murid,” jelas Rizky Irwan, Marketing dari Eko Nugroho Art Class. Berbeda dengan konsep sanggar seni lainnya, anak-anak diajarkan seni sebagai media mengungkapkan rasa dan diajarkan untuk mengeksplorasi apa yang ingin digambar oleh para siswa.

eko nugraha 2Berawal dari kegelisahan Eko Nugroho yang memiliki keinginan untuk mendirikan sekolah seni dengan visi dan misi anak-anak dapat mengekspresikan jiwa dan mengeksplorasi imajinasi ke dalam suatu karya. Dengan total siswa berjumlah 45 murid, Eko Nugroho Art Class hadir untuk anak-anak berusia 3-12 tahun, karena di usia dini ini anak mampu menunjukkan bakat dan minat dengan imajinasi tanpa batas. “Tetapi di tempat ini, kita juga membuka diri untuk semua kelas, meskipun prioritas tetap dari usia 3 – 12 tahun, sedangkan untuk usia lain, yang tidak berada pada kategori usia prioritas namun tertarik untuk belajar kelas basic, kita akan sediakan kelasnya,” lanjut Rizky.

eko nugraha 3Terdapat 4 guru untuk 2 ruang kelas, di kelas seni Eko Nugroho ini ada beberapa program yang ditawarkan, antara lain General Class, Private Class, Kelas Khusus ABK, dan Kelas Kemitraan. Untuk General Class dibagi menjadi tiga tingkat, Basic Class, Intermediate Class, dan Advance Class. Dalam setiap kelas terdiri dari 15 kali pertemuan dan kelebihan dari tempat ini adalah orang tua dapat bertemu dengan psikologi yang akan menjelaskan perkembangan anak selama di Art Class melalui media karya seni para murid.

Sesuai dengan visi dan misinya, di Eko Nugroho Art Class juga terdapat kelas yang menawarkan kesempatan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Kelas ini memberikan kesempatan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus mengembangkan potensi dan bakatnya dalam bidang seni rupa. Metode pengajaran tidak melulu dilakukan di dalam kelas, melainkan luar kelas, seperti playground yang terletak di belakang Art Class. “Buat anak-anak waktu satu jam atau 45 menit itu sudah sangat lama, jadi di sini ada strateginya supaya nggak jenuh, kita ajak ke playground. Kita pindah untuk sementara di sana, lalu kembali ke kelas lagi kalau anak-anak sudah nyaman,” tambah Rizky.

Dengan goal supaya anak-anak mengekspresikan rasanya lewat karya seni, terdapat harapan supaya bentuk-bentuk perasaan berupa senang atau marah dapat diwujudkan dalam karya. “Seni rupa itu mengasah otak kanan, jadi ketika seorang anak berkembang lebih baik di bidang seni rupa, secara langsung ketika belajar mata pelajaran lain akan lebih mudah karena kapasitas otak yang terasah melalui seni,” tutur Rizky menutup pembicaraan.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *