INDORUNNERS JOGJA, JOGJA BERLARI NYAMAN

Olahraga lari atau joging saat ini semakin banyak memiliki penggemar, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, hingga Yogyakarta. Kegemaran terhadap gaya hidup sehat memang meningkat, dari pusat kebugaran hingga pasar organik semakin memiliki banyak peminat. Kesenangan masyarakat terhadap hidup sehat turut mendukung terbentuknya beberapa wadah yang memiliki kesamaan hobi sehat, salah satunya komunitas lari. Sejak 2012, Indorunners Jogja mulai aktif melakukan kegiatan lari.

lariBerawal dari ajakan sang founder, Thea Rizkia yang saat itu belum lama pindah ke Yogyakarta memiliki keinginan untuk bergabung dengan komunitas lari seperti kebiasannya saat di Jakarta. Namun ternyata belum ada komunitas lari yang serupa. “Saya akhirnya mengajak penggemar lari di Yogyakarta yang sudah tergabung di grup besar Indorunners di Facebook untuk lari pada Kamis malam di halaman BCA Sudirman. Saat itu yang datang hanya 4 orang termasuk saya dan suami,” jelas founder Indorunners Jogja, Thea Rizkia. Kini Indorunners Jogja diikuti 60-70 anggota yang rutin mengikuti kegiatan utama komunitas ini, Thursday Night Run. Dengan sistem keanggotaan yang terbuka, semua orang dapat bergabung tanpa ada pungutan formulir. Cukup mengenakan baju dan sepatu olahraga sudah dapat mengikuti kegiatan lari.

lari-2Menurut komunitas yang dikenal juga dengan nama Jogja Playon ini, rute lari biasanya dimulai dari BCA Jalan Sudirman, melewati Kotabaru, Tugu, dan finish kembali di lokasi start. Jadwal setiap Kamis malam dipilih karena waktu malam masing-masing anggota telah longgar dan semua anggota dapat lari bersama. Setelah lari biasanya berkumpul dan bersosialisasi terlebih dahulu. Menurut Indorunners Jogja, lari merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan menyenangkan tanpa mengenal batasan umur, profesi, jenis kelamin, dan kelas sosial. “Selain menyehatkan juga dapat menambah teman, jaringan, dan pengetahuan, lho,” lanjut Thea.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *