HERITAGE INFORMATION FROM YOUR SMARTPHONE

Nusantara meninggalkan sejumlah tempat, tradisi, benda, lagu heritage yang patut dijaga dan dilestarikan. Banyak cara untuk memperkenalkan dan mengembangkan sejarah kepada generasi berikutnya, salah satu media yang dapat digunakan untuk menginformasikan halhal heritage sesuai dengan era digital ini adalah melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone anda. Inilah beberapa aplikasi yang dapat menambah wawasan dan kekayaan informasi anda mengenai Nusantara.

PRAMBANAN TRAVEL GUIDE & OFFLINE STREET

device-1Supaya mengunjungi candi menjadi agenda yang lebih menarik, anda harus mengerti cerita dalam setiap reliefnya. Melalui aplikasi ini anda mendapatkan petunjuk mengenai apa saja yang ada di Candi Prambanan. Aplikasi ini juga menjelaskan setiap bagiannya secara detail dan point of interest yang ada di sekitar Candi Prambanan juga dijabarkan dalam aplikasi ini. Menariknya aplikasi ini dapat diakses secara offline. Aplikasi Prambanan Travel Guide & Offline Street ini dapat diunduh secara gratis di Apple Store.

MAP OF BATIK

device-2Batik kini kembali menjadi outfit favorit yang dapat dipakai di berbagai acara, baik formal maupun casual. Namun, terkadang anda hanya menyukai dan memakai batik tanpa mengetahui informasi lebih mengenai batik. Padahal Indonesia memiliki banyak motif batik dari Sabang hingga Merauke. Melalui aplikasi Map Of Batik, anda dapat mengetahui beragam jenis batik yang ada di Indonesia. Dalam aplikasi ini terdapat gambar peta yang memudahkan kita untuk memilih daerah asal batik. Sehingga kita bisa langsung mengetahui nama batik, motifnya, apa nama batiknya, alat-alat batik, dan lainnya.

AKSARA GAME

device-3Sebagai orang Jawa, berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa telah menjadi bagian dari keseharian, namun apakah banyak istilah dalam bahasa Jawa yang dapat selalu anda ingat? Aplikasi Aksara Game ini adalah sebuah permainan yang cukup sederhana namun banyak mengajarkan dan mengenalkan beragam kata dalam bahasa Jawa. Berbagai macam pilihan permainan dapat dilakukan melalui aplikasi ini, mulai dari game aksara jawa, nama hewan, tumbuh-tumbuhan hingga buah-buahan yang dapat menambah perbendaharaan anda dalam bahasa Jawa. Aplikasi ini juga dirancang untuk melatih kemampuan kosa kata bahasa jawa anda dalam bentuk kuis.

APLIKASI ANGKLUNG

device-4Angklung merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk bermain angklung dalam bentuk digital. Dalam aplikasi ini anda juga dapat merasakan pengalaman bermain angklung sungguhan, karena anda dapat memainkannya dengan cara menggoyangkan smartphone anda. Anda dapat melakukan kolaborasi dengan aplikasi musik lainnya, sehingga anda dapat mendengarkan lagu di smartphone anda sembari memberikan efek angklung di dalamnya.

KAMUSKU: JAWA

device-5Bagi yang ingin menambah perbendaharaan kata dalam bahasa, anda dapat mengunduh apilkasi Kamusku: Jawa, yakni aplikasi kamus digital Indonesia-Jawa yang dapat diakses secara offline. Aplikasi ini berisi data katakata dalam bahasa Indonesia yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan sebaliknya. Aplikasi ini berjalan secara offline dan mengutamakan kemudahan serta kecepatan dalam mengakses dan menerjemahkan katakata yang dicari. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di android ini cocok untuk anda yang kerap berhubungan dengan lingkungan yang menggunakan istilah atau bahasa Jawa.

 

 

 

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>