EDUKASI KESEHATAN MENTAL MELALUI PROFES : ANNISA POEDJI PRATIWI

Isu tentang kesehatan fisik adalah hal yang biasa dimasyarakat. Namun, isu tentang kesehatan mental seringkali menjadi hal yang tabu untuk diperbincangkan. Hal ini terjadi karena pada masyarakat selalu dikaitkan dengan gangguan jiwa. Hal ini harusnya tidak terjadi, karena mental merupakan bagian diri kita yang harus dipahami dan dicintai. Annisa Poedji Pratiwi merupakan
seorang psikologi yang bergabung di Charisma Consultingakan akan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kesehatan mental.

Mengapa anda memilih profesi psikolog?
Sejak SMA saya memang tertarik dengan dunia psikologi. Saya juga suka membaca novel yang latar ceritanya tentang psikologi. Saat SMA juga saya sering bergaul dan mencari informasi tentang psikolog. Saya termasuk orang yang selalu ingin tahu tentang dunia psikologi. Saya rasa juga dunia psikologi itu cakupannya luas. Kita dapat bersinggungan dengan berbagai profesi karena pada dasarnya yang kita pelajari adalah manusia,dimana hal tersebut kompleks. Mulai dari cara berpikir, kesehatan mental mereka, dan cara mereka bertindak.

Menurut anda sebagai psikolog, mengapa mengetahui diri dan kesehatan mental itu penting?
Tentu saja itu sangat penting. Mengetahui kebutuhan diri itu akan selalu mempengaruhi keputusan-keputusan yang kita ambil dalam hidup. Seseorang juga harus mengerti tekanan apa yang membuat mereka setres. Hal tersebut harus diketahui, karena ada beberapa stres yang berdampak baik adapula yang dapat menggangu kesehatan mental. Jika stres terus berulang dan sudah mulai mengganggu dapat mengganggu kegiatan sehari-hari bahkan dapat menjadi depresi. Depresi seringkali menjadikan seseorang mencari jalan pintas seperti mengakhiri diri. Setiap manusia memiliki beban dan kapasitas berbeda dalam menampung tekanan hidup maka dari itu mengenal diri sendiri itu sangatlah penting. Apabila sudah di fase depresi sebaiknya orang sekitar mendukung, dan bukan hal yang tabu untuk ke psikolog. Orang-orang yang mengalami depresi atau mental illness terkadang hanya butuh didengar bukan dihakimi atau dinasehati. Terkadang orang sekitar kurang memahami hal tersebut.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi hal-hal terkait kesehatan mental?
Belajar memahami hal apa saja yang memancing dan membuat kita stres. Saat kita tertekan dan stres apa hal disukai yang dapat membuat kita bersemangat kembali. Ingat, stres atau tertekan tak selamanya adalah hal negatif. Manusia butuh rasa tertekan agar dapat hidup lebih baik. Misalnya saat kita memiliki masalah kantor,secara otomatis kerja otak akan dimaksimalkan untuk mencari jalan keluar. Hal ini membuat manusia berkembang. Hal yang perlu dilakukan bukan menghindar dari stres tapi mengelola emosi dan mencari jalan keluar saat stres datang. Dengan begitu kita dapat menghindari depresi dan masalah kesehatan mental yang telah menumpuk. Cintai dirimu dengan cara mengenal dan memahaminya

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *