E-Gamelanku, Wujud Kemajuan Teknologi

Gamelan merupakan budaya asli Indonesia, nilainya sangat berharga khususnya bagi masyarakat jawa sebelum adanya pengaruh budaya dari negara lain. Bagi kehidupan masyarakat di jawa, tentu saja gamelan merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan.

Semakin majunya zaman membuat perkembangan teknologi juga mengalami inovasi-inovasi. Komunitas e-Gamelanku yang dikembangkan oleh Universitas Dian Nuswantoro Semarang (UDINUS) menggunakan perkembangan teknologi untuk menginovasi alat music tradisional gamelan yang dimainkan menggunakan Gadget. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menarik generasi muda agar mau melestarikan budaya terkhusus alat musik gamelan.

Hampir berjalan selama 10 tahun, komunitas e-Gamelanku yang dibentuk sejak 11 Agustus 2010 ingin mengekspresikan suka cita serta rasa memiliki terhadap gamelan jawa yang merupakan warisan leluhur nenek moyang. Komunitas ini ingin menunjukan bahwa gamelan telah mendapatkan apresiasi dari Kemenristekdikti hingga Unesco. e-Gamelanku juga mampu mengharumkan nama Indonesia dengan tampil di negara tetangga seperti Singapura dan Taiwan. Semoga anak-anak muda akan tetap melestarikan gamelan agar tidak punah dan hilang begitu saja.

Pin It

Comments are closed.