BRAIN GAMES FOR YOUR SMARTPHONE

Selain untuk mengisi waktu luang, melatih otak dengan brain games atau permainan otak menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sylvie Belleville dari Universitas Gériatrie de Montréal bisa mencegah penyakit Alzheimer. Bahkan, brain game juga dapat meningkatkan kinerja otak bagi orang-orang yang telah menunjukkan tandatanda awal demensia, seperti dikutip dari situs Neuronation. Kini melalui smartphone, anda bisa melatih otak anda dengan berbagai aplikasi brain game yang mudah diakses dan sangat bermanfaat.

MEMORADO

MEMORADO

Aplikasi brain game yang patut Anda coba ini memberikan 3 brain game yang dapat anda akses secara gratis selama sekali latihan. Bila anda membeli versi premiumnya, terdapat 5 game yang bisa anda mainkan sekaligus. Ada sebuah fitur bernama Brain Duel yang memungkinkan anda menantang sesama pengguna lain untuk mendapatkan skor tertinggi. Anda hanya perlu melakukan log in terlebih dahulu menggunkan akun Facebook atau membuat akun baru Memorado. Total dengan menggunakan layanan premium, terdapat berbagai fitur yang bisa anda akses semua dan 18 game yang bisa anda mainkan di Memorado.

LUMOSITY

LUMOSITY

Aplikasi ini menyediakan puluhan game asah otak yang dibagi atas enam kategori, yakni kecepatan, ingatan, perhatian,f leksibilitas, bahasa, dan pemecahan masalah. Seperti Game Train of Thought, pada awalnya akan terasa mudah, tapi jumlah kereta akan makin banyak dengan jarak kemunculan yang makin singkat hingga bisa membuat anda keteteran. Game ini bertujuan melatih perhatian dengan menantang anda mengubah-ubah arah rel guna mengarahkan kereta ke stasiun berwarna sama. Walaupun sangat mengasyikkan, pengguna gratis Lumosity hanya bisa mengakses tiga game saja dalam satu sesi latihan. Bagi yang ingin lebih, anda harus berlangganan versi premium yang akan memberikan akses ke semua game serta fitur kustomisasi.

ELEVATE

ELEVATESelain 2 game di atas, masih terdapat brain game lain bernama Elevate. Elevate menawarkan fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi brain game lainnya. Salah satu fitur yang menarik dari Elevate adalah Unlock Games. Dengan fitur Unlock Games, anda bisa membuka game lainnya apabila anda berhasil mencapai nilai yang ditargetkan. Ada juga beberapa kategori yang tidak ditemukan di aplikasi serupa seperti kategori Reading. Di dalam Reading terdapat salah satu game bernama Processing  yang menuntut anda membaca secara cepat dan mengingat pesan yang telah anda baca. Selain kategori Reading, masih ada kategori peaking dan Listening yang tidak kalah unik. Elevate juga memberikan askes trial Premium selama 30 hari yang cukup bagi anda untuk mencoba berbagai game di Elevate.

NEURONATION

NEURONATION
Apakah benar brain games bermanfaat? Jika anda penasaran dengan pertanyaan tersebut, anda bisa mencoba aplikasi NeuroNation. Aplikasi brain games ini didesain khusus oleh 3 lembaga akademis yakni Cowan University, Free University Berlin, dan Medical School Hamburg. NeuroNation memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari program latihan yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna, game yang bervariasi, hingga artikel ringan seputar kemampuan otak. Anda juga bisa membeli versi premium yang akan menghadirkan program latihan lebih spesifik serta menyediakan akses ke semua game di NeuroNation.

BRAIN COACH

BRAIN COACH

Jika anda ingin brain games yang dapat diakses secara offline, Brain Coach jawabannya. Aplikasi ini menyediakan delapan game yang bisa anda mainkan tanpa akses internet. Setiap game dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan otak anda, mulai dari memori, konsentrasi, hingga reaksi. Salah satu game yang terdapat di Brain Coach yakni Segregation yang dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Anda akan diberi tugas memilih sayuran yang telah ditentukan dalam tempo enam puluh detik. Di akhir game, anda  akan diberi pertanyaan jumlah sayuran yang berhasil didapatkan. Aplikasi ini juga memberikan informasi singkat seputar kemampuan otak dalam setiap akhir game yang sangat berguna.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>