BEREKSPRESI LEWAT TATA & GAYA : AKIBARYOU

 

Generasi muda merupakan sosok yang selalu memberikan inovasi dan pandangan baru terhadap sekitar. Mereka selalu menciptakan peluang yang dapat menambah khasanah baru dalam industri kreatif. Muhammad Akib Aryo Utomo adalah salah satu generasi muda yang berkarya lewat profesinya sebagai fashion stylist. Laki-laki lulusan Ilmu Hubungan Internasional ini, sempat mengambil beberapa kelas dalam studi komunikasi, manajemen, dan antropologi yang sebenarnya tak berhubungan langsung dengan industri mode. Ia ingin menjelaskan tentang profesi dan pengalamannya di industri mode. Laki-laki yang sering dipanggil Akibaryou ini, sudah menyukai mode sejak kecil. Pada saat itu orang tuanya tak mengizinkan. Ketika ia lulus SMA, keinginannya semakin kuat karena ketagihan mengurusi bidang kreatif teater. Pada akhirnya ia berani menjajal industri mode setelah mendapatkan tawaran asisten dari salah satu stylist yang kemudian menjadi mentor. Saat itu, ia merasa bahwa setidaknya sekali dalam hidup, harus tahu rasanya bekerja di industri mode. Ia tak ingin menyesal dikemudian hari. Tak disangka, perjalanan itu membawanya pada industri mode hingga saat ini.

Menurut Akib, Fashion stylist merupakan orang yang bertanggung jawab atas busana dalam sebuah proyek mulai dari konsep, mengumpulkan wardrobe, hingga mengarahkan pose dan perawatan baju setelah proyek. Biarpun begitu, pada dasarnya tanggung jawab fashion stylist juga bisa seluas menjadi creative director yang mengarahkan keseluruhan konsep artistik sebuah proyek. Selama berkarya menjadi seorang fashion stylist, Ia banyak belajar dari orang-orang terkenal. Menurutnya, semakin terkenal dan berpengaruh seseorang, justru semakin rendah hati. Pada tahun 2018, Ia bekerjasama dengan beberapa public figure seperti Dewi Sandra, Asmara Abigail, Nagita Slavina. Ia beranggapan bahwa orang-orang tersebut menginspirasinya karena sikap rendah hati dan kedekatan pada tiap kru pada proses shoot.

Hal ini mengajarkannya tentang peribahasa padi “makin berisi, makin merundu”. Ia juga berusaha menerapkan pada kehidupannya. Sebagai anak muda ia berharap agar generasi seusianya menjadi generasi yang lebih melek terhadap isu-isu sosial di sekitar dan berani memperbaiki keadaan lewat sesuatu yang positif misalnya karya.”Kita memiliki akses terhadap informasi dan teknologi yang lebih pesat dibandingkan sebelumnya,hal tersebut harus kita manfaatkan untuk mengubah lifestyle menjadi lebih bertanggung jawab bagi lingkungan dan sesama manusia”begitu tandasnya. Ia juga memberikan tips fashion untuk para pembaca MYMAGZ. “Express yourself! Kenali dirimu dan bereksperimenlah. Fashion should be fun and liberating! Berpakaianlah untuk dirimu sendiri, bukan untuk memukau orang lain. That’s how you will truly impress.” tambah Akib.

Pin It

Comments are closed.