BALE RAOS

bites-bale raos

FEEL THE TASTE OF ROYAL CUISINE

Bale Raos hadir dengan menyuguhkan konsep sajian masakan sejak pemerintahan Sri Sultan HB VII hingga Sri Sultan HB X. Di sini anda bisa mencicipi makanan kegemaran raja-raja Yogyakarta tersebut. Menu yang beragam tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan kuliner tradisional, baik yang pernah ada di lingkungan Kraton ataupun yang dikenal masyarakat. Pemberian namanya pun mengadopsi nama yang pernah ada, seperti nasi bethak ayam dan nasi tumpeng dengan sambal goreng ijo ini biasanya ada dalam rangkaian upacara adat di era Sri Sultan HB VII.

 

Di era yang sama hadir pula sanggar, salah satu menu camilan yang ada di lingkungan Kraton. Bentuknya unik, karena daging yang ditelah dibumbui dengan rempah ini kemudian dipanggang dengan jepitan tiga bilah bambu. Saputan santan kelapa menjadikannya makanan yang gurih. Untuk dessert ada prawan kenes, pisang kepok kuning yang juga dijepit memakai bilah bambu.

Nikmati pula minuman unggulan beer Jawa yang muncul pada masa Sri Sultan HB VIII. Kala itu Sultan sangat menghormati tamunya, tak terkecuali dari Belanda. Tetapi karena Sultan adalah sebagai panutan yang tak boleh meminum bir, maka minuman ini sengaja dibuat mirip. Berisi rempah-rempah seperti kayu secang, jahe, kayu manis, cengkeh, serai dan jeruk nipis, rasanya menghangatkan badan. Biasa juga disebut magic drink yang sampai sekarang masih dihidangkan untuk para tamu raja.

Jl. Magangan Kulon No. 1 Yogyakarta

Tel. +62 274 415550/ +62 274 2623035

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *